Sabtu, 18 April 2015

Iceberg Pembagian Melalui RME

PEMAHAMAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN RME
(Realistic Mathematics Education)
Prestasi belajar siswa yang belum menunjukkan adanya peningkatan dan matematika yang masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menjadi momok mendorong para pendidik untuk memberikan banyak variasi mengajar melalui pendekatan matematika yang mempermudah pemahaman siswa. Pembelajaran agar mempermudah pemahaman siswa melalui pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran matematika realistik telah banyak dikembangkan dalam pendekatan pembelajaran. Karakteristik  Matematika yang  abstrak dan banyak yang tidak menyukainya karena menyulitkan.
Pembelajaran matematika realistik merupakan  pendekatan yang memanfaatkan realita/fakta dan lingkungan untuk mempermudah siswa dalam memahami matematika. Fakta di lingkungan sekitar digunakan untuk mengawali interaksi siswa agar menjadi lebih dekat dengannnya. Dalam  kesempatannya itu siswa berinteraksi satu sama lain sehingga dapat menemukan skema yang kemudian dapat membangun pengetahuannya yang selanjutnya siswa mampu menemukan sendiri konsepnya.

Pembagian merupakan penjumlahan berulang. Materi ini perlu adanya pemahaman konsep yang benar melalui keterampilan proses yang diutamakan. Pembagian dapat diajarkan melalui hal-hal yang dekat dengan siswa. Pemahaman konsep dan dibarengi dengan pemahaman konteks yang terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar