Sabtu, 18 April 2015

ICEBERG FPB MELALUI RME

PEMAHAMAN FPB MENGGUNAKAN RME
(Realistic Mathematics Education)
Pengembangan pembelajaran matematika realistik telah banyak dilakukan. Karakteristik matematika yang syarat dengan materi yang abstrak dan dianggap sebagai hal yang sangat menyulitkan sehingga terdorong para pemerhati pendidikan untuk mengembangkan pendekata matematika yang mempermudah pemahan siswa.
Salah satu diantaranya  yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan  pemahaman siswa yaitu dengan pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran matematika realistik merupakan pendekatan yang memanfaatkan realita/fakta dan lingkungan untuk mempermudah siswa dalam memahami matematika.
Berawal dari fakta di lingkungan sekitar, siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga dapat menemukan skema yang kemudian dapat membangun pengetahuannya yang selanjutnya siswa mampu menemukan sendiri konsepnya.
Materi Faktor Persekutuan Terbsar (FPB) seperti dicontohkan bahwa FPB diperoleh dengan menggunakan faktor prima untuk menemukan serta penggunaannya dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh membagi 15 permen cerry dan 10 biskuit klop secara adil ke dalam kelompok kecil tanpa sisa dan rata semua jenis. Sebelumnya siswa telah belajar tentang pemfaktoran dan faktor prima.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar