PEMAHAMAN FPB MENGGUNAKAN RME
(Realistic Mathematics Education)
Pengembangan
pembelajaran matematika realistik telah banyak dilakukan. Karakteristik
matematika yang syarat dengan materi yang abstrak dan dianggap sebagai hal yang
sangat menyulitkan sehingga terdorong para pemerhati pendidikan untuk mengembangkan
pendekata matematika yang mempermudah pemahan siswa.
Salah
satu diantaranya yang dapat dipergunakan
untuk meningkatkan pemahaman siswa yaitu
dengan pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran matematika realistik
merupakan pendekatan yang memanfaatkan realita/fakta dan lingkungan untuk mempermudah
siswa dalam memahami matematika.
Berawal
dari fakta di lingkungan sekitar, siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi
satu sama lain sehingga dapat menemukan skema yang kemudian dapat membangun
pengetahuannya yang selanjutnya siswa mampu menemukan sendiri konsepnya.
Materi
Faktor Persekutuan Terbsar (FPB) seperti dicontohkan bahwa FPB diperoleh dengan
menggunakan faktor prima untuk menemukan serta penggunaannya dalam memecahkan
masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh membagi 15 permen cerry dan
10 biskuit klop secara adil ke dalam kelompok kecil tanpa sisa dan rata semua
jenis. Sebelumnya siswa telah belajar tentang pemfaktoran dan faktor prima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar